Spread the love

Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta menjadi tuan rumah bagi kegiatan Item Review Try Out AIPKI 67. pada tanggal 19-20 Desember 2023, di ruang Tutorial Meeting Gedung Cipto Mangunkusumo FK UPN “Veteran” Jakarta. Kegiatan ini menjadi puncak evaluasi akademik bagi mahasiswa/i Program Studi Sarjana Kedokteran, yang secara rutin menjalani Computer Based Test (CBT) integrasi dan Objective Structured Case Examination (OSCE) blok.

Pentingnya kegiatan ini dipertegas oleh peraturan pemerintah yang mewajibkan seluruh lulusan Fakultas Kedokteran di Indonesia untuk mengikuti dan lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) Tingkat Nasional. UKMPPD ini terdiri dari dua bagian ujian, yakni Computer Based Test (CBT) dan Objective Structured Case Examination (OSCE), yang menjadi syarat untuk memperoleh gelar dokter.

Mengingat pentingnya mutu dari UKMPPD, penyusunan soal ujian dilakukan berdasarkan Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) 2012 dan melalui proses review yang teliti. Soal-soal yang diujikan pada UKMPPD-CBT merupakan hasil dari serangkaian review yang melibatkan pihak-pihak terkait di seluruh Indonesia, termasuk proses uji coba dalam try out UK CBT. Rabu,(20/12/2023).

Dekan Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta, Dr. dr. Taufiq Fredrik Pasiak, M.Kes, M.Pd.I , dalam sambutannya, ” Acara ini tentang evaluasi akademik bagi mahasiswa/i Program Studi Sarjana Kedokteran. Kami sangat bangga atas pencapaian luar biasa ini, yang menandai komitmen kami dalam meningkatkan standar pendidikan kedokteran dan mempersiapkan mahasiswa kami untuk tantangan masa depan. Terima kasih kepada semua yang telah berkontribusi dalam pencapaian gemilang ini. Mari kita terus berkolaborasi, terus berinovasi, dan terus memperjuangkan keunggulan dalam pendidikan kedokteran. Selamat kepada seluruh tim atas keberhasilan ini.”

Dalam konteks AIPKI wilayah II, kegiatan item review untuk try out UK CBT telah menjadi bagian rutinitas, dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Tujuan dari kegiatan ini adalah memastikan bahwa soal-soal yang diujikan memiliki kualitas yang optimal, tidak hanya untuk try out UK CBT tetapi juga khususnya untuk UKMPPD-CBT. Untuk memastikan kelancaran kegiatan ini, peserta workshop terlebih dahulu dibekali dengan teknik-teknik review soal yang sesuai.

Diskusi mendalam terjadi seputar metode-metode terbaru dalam penyusunan soal, evaluasi kritis terhadap butir-butir soal, serta penerapan prinsip-prinsip validitas dan reliabilitas dalam proses review.

Item Review Try Out AIPKI 67 di Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta tidak hanya menjadi forum diskusi yang berharga tetapi juga menjelma sebagai langkah nyata dalam memastikan kualitas pendidikan kedokteran yang berkualitas tinggi bagi generasi dokter masa depan.

× Ada yang bisa dibantu?