Spread the love

Mahasiswa Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta (FK UPNVJ) Tingkat 1 angkatan tahun 2023 melaksanakaan ujian blok Foundation of Medicine (FM) yang dimulai pada tanggal 12 – 14 September 2023. Pelaksanaan Ujian Blok FM digelar dibeberapa titik ruang ujian yaitu Lantai 2, Ruang Lab Terpadu Gedung Perpustakaan, Lantai 4 Lab Komputer Fakultas Ilmu Komputer dan Gedung Cipto Lantai 1 hinggal Lantai 4.

Ujian Blok Foundation of Medicine berbeda dengan semester genap TA. 2022/2023, dimana pada TA. 2022/2023 ujian dilaksanakan di UTS atau UAS berbeda dengan TA. 2023/2024 yang mana pada setiap Blok Semester Ganjil TA. 2023/2024 untuk angkatan tingkat 1 tahun 2023 ujiannya dilaksanakan setiap habis blok. Ujian Blok FM berlangsung karena pembaharuan dikurikulum 2023

Kepala Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta (PSKPS) dr. Mila Citrawati, M.Biomed mengatakan bahwa, Ujian Blok FM 1 berbeda dari aspek waktu, di Blok FM 1 ini dilaksanakan padd minggu ke 5 (sebelumnya pd Blok FBS 1 pd minggu ke 8), sehingga materi yang dipelajari dan diuji belum terlalu banyak sehingga diharapkan beban ujian lebih ringan. “Ujian Blok FM 1 dari aspek materi, departemen yg terlibat adalah Anatomi, Fisiologi, Histologi dan Patologi Klinik dengan topik bahasan dasar-dasar Sistem Integumen, Sistem Muskuloskeletal, Sistem Hematologi dan Sistem Imunologi“. Ujarnya

dr. Mila juga mengatakan bahwa Tujuan ujian Blok FM 1 ini adalah menguji kemampuan kognitif dan daya analisis serta critical thinking mahasiswa tentang ilmu dasar kedokteran melalui ujian Student Oral Case Analysis (SOCA ), Multi Discipline Examnination (MDE) dan, Objective Structured Practical Examinatio (OSPE).

Perbedaan kurikulum 2023 dgn sebelumnya adalah pada kurikulum 2023 susunan blok nya dibuat seperti spiral. Tahun pertama mempelajari ilmu dasar seluruh sistem organ (Foundation of Medicine), tahun kedua mempelajari keluhan dan penyakit pada sistem organ (Complaint and Diseases), dilanjutkan pada tahun ketiga mempelajari sistem organ berdasar siklus kehidupan (Life Cycle), dan tahun terakhir terdiri dari mata kuliah elektif dan penyelesaian tugas akhir. Dengan demikian diharapkan setiap semester akan ada peningkatan kompetensi. Pada kurikulum baru ini juga ada beberapa Mata Kuliah Program yang berjalan longitudunal (pada seluruh semester) yang meliputi : Reseach Program (RP), Kesehatan Matra, Preventive Community Health Oriented Program (PCHOP), Bioethic Humaniora Medikolegal and Profesionalism Program (BHMP).

× Ada yang bisa dibantu?