
FK UPNVJ – Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (FK UPNVJ) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan institusi pendidikan kedokteran di Indonesia. Kali ini, FK UPNVJ berperan sebagai pengampu dalam proses pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Aisyah Pringsewu (FK UAP) Lampung.
Sebagai bagian dari proses pembimbingan, FK UPNVJ aktif mendampingi tim FK UAP dalam berbagai persiapan akademik, termasuk penguatan kapasitas sumber daya manusia yang akan menjadi pengajar. Salah satu bentuk nyata kegiatan ini adalah pelaksanaan Training of Tutor (TOT) yang bertajuk:
“Workshop Pelatihan Tutor PBL dan Instruktur CSL Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Aisyah Pringsewu Lampung”.
Kegiatan TOT ini dilaksanakan pada 19–20 Mei 2025 bertempat di Gedung FK UAP, Pringsewu, Lampung. Sebagai narasumber dalam kegiatan ini, hadir langsung tim pengampu dari FK UPNVJ yang terdiri dari Dr. dr. Feda Annisah Makiyah, Sp.BS., M.Kes., dr. Sri Wahyuningsih, M.Kes, Sp.KKLP., dr. Erna Harfiani, M.Si., dr. Hikmah Muktamiroh, M.Pd.Ked, Sp.KKLP.
Kegiatan diikuti oleh hampir 30 orang dokter yang akan berperan sebagai tutor PBL (Problem-Based Learning) dan instruktur Clinical Skills Lab (CSL) di FK UAP. Selain para peserta, Dekan FK UAP beserta jajaran dekanat dan kaprodi turut hadir dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan antusias hingga akhir acara.

Pada hari pertama, pelatihan difokuskan pada pembelajaran tutorial berbasis PBL. Setelah pemaparan materi oleh para narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi role play, yang memberikan kesempatan peserta untuk mempraktikkan peran sebagai tutor secara langsung.
Sementara itu, hari kedua pelatihan difokuskan pada pengajaran keterampilan klinis. Seperti hari sebelumnya, sesi materi dilanjutkan dengan role play yang berfungsi sebagai simulasi pelaksanaan peran sebagai instruktur CSL.
Dalam seluruh rangkaian kegiatan, para narasumber FK UPNVJ menekankan pentingnya pendekatan Student-Centred Learning (SCL), yang tidak hanya bersifat konstruktif (membangun pemahaman), tetapi juga kontekstual (relevan dengan kebutuhan kerja lulusan di masa depan).
Melalui pelatihan ini, diharapkan para calon dosen FK UAP yang akan berperan sebagai tutor dan instruktur semakin siap, percaya diri, dan kompeten dalam menjalankan peran pendidik di lingkungan akademik kedokteran.
FK UPNVJ menyampaikan harapan agar ilmu, pengalaman, dan praktik terbaik yang telah dibagikan selama pelatihan ini dapat menjadi bekal berharga bagi FK UAP dalam menjalankan kegiatan pembelajaran ke depan. Semoga kerja sama ini menjadi langkah awal dari sinergi yang lebih luas dalam meningkatkan mutu pendidikan kedokteran di Indonesia.