Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (FK UPNVJ) mengadakan kegiatan pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk program studi Sarjana FK UPN Veteran Jakarta. Kegiatan pembuatan RPS dilaksanakan di Hotel Avenzel Cibubur, Jatisampurna, Bekasi, Jawa Barat yang dimulai dari tanggal 31 Juli s/d 1 Agustus 2022.
Pelaksanaan ini diikuti oleh para dosen Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan kurikulum dan persiapan pelaksanaan pembelajaran Prodi S1 FK UPNVJ berdasar visi misi Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta 2020 – 2024. Minggu (1/8/2022)
Pada acara pembuatan RPS ini diawali dengan pembukaan oleh Dekan FK UPN Veteran Jakarta Dr,dr. Taufiq Fredrik Pasiak, M.Kes,M.Pd.I dan dilanjut dengan sambutan.
Dalam sambutannya Dekan FK UPN Veteran Jakarta dr. Taufiq, menyampaikaikan tiga point yang penting, yaitu pertama, acara ini di selenggarakan untuk merancang turunan filosofi Pendidikan fakultas kedokteran dalam dalam bentuk RPS yang dapat disusun dengan baik. kedua, menambah pengetahuan kita secara teknis dalam hal – hal terkait penyusunan kurikulum, ketiga, sebagai upaya kita untuk membuka wawasan yg lebih luas tentang perkembangan dunia pendidikan kedokteran. Sehingga memberi pencerahan dalam aspek filosopis atau secara teknis dalam pengetahuan dunia pendidikan kedokteran.
Setelah pembuakaan dan sambutan, Dekan FK UPN Veteran Jakarta melanjutkan presentasi yang berjudul “Panduan Paradigmatik Dan Peta Konsep Pengembangan Kurikulum Di Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta”.
Dilanjut dengan penyampaian materi oleh narasumber yang berasal dari Universitas Gajah Mada D.I. Yogyakarta dr. Yoyo Suhoyo, MMedEd, PhD. Penyampaian materi oleh dr. yoyo kali ini disampaikan secara daring/online dengan menggunakan zoom meetting.
Dalam materi yang di sampaikan yaitu Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester (RPS) adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang cara pemenuhan capaian pembelajaran lulusan menggunakan ragam bahan kajian yang relevan, dengan strategi/metode pembelajaran yang tepat dan melalui assessment yang benar sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran mata kuliah.