Spread the love

FK UPNVJ – Kegiatan Pendidikan Dasar Keluarga Besar Kedokteran (KBK) “AVICENNA” Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta telah sukses diselenggarakan pada tanggal 7-8 September 2024. Pendidikan Dasar tahun ini mengusung tema FORTUNA: “Finding your AVICENNA’S spirit in training and Upgrading skills in Trauma Management,” dengan fokus pada peningkatan keterampilan dalam manajemen trauma.

Kegiatan ini diadakan di Mao and Jen Garden, Jonggol, Jawa Barat, dan diikuti oleh 40 Calon Angkatan Muda. Untuk memperkaya materi, KBK “AVICENNA” mengundang Pusat Pendidikan Kesehatan (PUSDIKES) sebagai pemateri. Pendidikan Dasar ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan sebelumnya, di mana para peserta telah mempelajari berbagai materi tentang Basic Trauma Life Support (BTLS) selama Pra Pendidikan Dasar.

Simulasi Pengenalan oleh KBK “AVICENNA” FK UPN “Veteran” Jakarta

Materi yang diimplementasikan dalam kegiatan ini meliputi pengenalan obat pada kotak P3K, primary dan secondary survey, alur triase, penatalaksanaan kasus fraktur pada ekstremitas dan pembebatan, resusitasi jantung paru, serta tata cara pengangkutan orang luka. PUSDIKES juga memberikan tambahan materi penting, seperti penanganan gigitan ular, penanganan heat stroke, serta penanganan pada suhu panas dan dingin ekstrem.

Hari pertama kegiatan diawali dengan Apel Pembukaan Pendidikan Dasar di Gedung Wahidin Sudirohusodo, Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta, sebelum para peserta berangkat menuju lokasi kegiatan. Kegiatan hari pertama ditutup dengan acara Api Unggun yang diisi dengan refleksi dan pembelajaran dari kegiatan hari itu.

Mendirikan Tenda oleh KBK “AVICENNA” FK UPN “Veteran” Jakarta

Pada hari kedua, kegiatan diawali dengan tantangan pos to pos, di mana para calon anggota muda diuji keterampilan dan ketahanan fisiknya. Setelah itu, dilanjutkan dengan prosesi pelantikan yang mengesahkan mereka sebagai Angkatan Muda KBK “AVICENNA.” Acara diakhiri dengan Apel Penutupan Pendidikan Dasar yang khidmat.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, para Angkatan Muda yang baru dilantik diharapkan dapat menerapkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh, serta berperan aktif dalam berbagai kegiatan KBK “AVICENNA” ke depannya. Semoga Pendidikan Dasar ini menjadi pijakan awal yang kuat bagi mereka untuk berkontribusi dalam dunia medis.

× Ada yang bisa dibantu?