Spread the love

Asian Medical Students’ Association Indonesia (AMSA-Indonesia) kembali menggelar kegiatan Asian Medical Student’s Exchange Program (AMSEP) antara AMSA-Indonesia dengan AMSA Filipina. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline pada tanggal 15-19 Juli 2024. Dalam kegiatan ini, AMSA-UPN mengirimkan satu orang delegasi yakni Anugrah Alifio untuk mewakili UPN dan Indonesia dalam acara tersebut.

Tuan rumah dari acara ini merupakan University of the Philippines dan kegiatan AMSEP ini diikuti oleh 10 delegasi AMSA-universitas dimana peserta dari AMSA-Indonesia berasal dari:

  1. AMSA-Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  2. AMSA-Universitas Airlangga
  3. AMSA-Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  4. AMSA-Universitas Diponegoro
  5. AMSA-Universitas Jenderal Achmad Yani
  6. AMSA-Universitas Muhammadiyah Malang
  7. AMSA-Universitas Universitas Gadjah Mada

Hari pertama dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2024 dimana agenda utama pada hari tersebut merupakan welcoming party. Sebelum welcoming party terdapat tur singkat ke dua taman yakni Paco Park dan Arroceros Forest Park. Acara welcoming party dimulai pada sore di restoran Jollibee hari dengan sambutan dari Project Officer AMSEP Philippines for Indonesia 2024, Director of AMSEP Philippines, dan Regional Chairperson AMSA Filipina. Kemudian, acara dilanjutkan dengan permainan sederhana, makan malam bersama, dan dokumentasi. 

Pada hari kedua, para delegasi berkunjung ke Intramuros untuk melihat salah satu situs budaya dari filipinda serta berkendara menggunakan segway. Siangnya, para delegasi melakukan makan siang di retoran Barbara’s Heritage. Acara dilanjutkan dengan berkunjung ke National Museum of Natural History untuk melihat bagaimana sejarah dari budaya Filipina. Pada sore harinya, para delegasi berkunjung ke monument Jose Rizal dan melanjutkan makan malam di Restoran Bayleaf. 

Pada hari ketiga, delegasi mengunjungi komplek dari University of the Philippines College Medicine (UPCM). Kegiatan ini terbagi menjadi dua yakni berkunjung ke kampus dan rumah sakit. Di kampus, para delegasi ditunjukkan mengenai cara belajar mahasiswa UPCM pada saat kuliah umum dan juga skills yang menggunakan simulasi yang mendekati kasus dalam kehidupan nyata. Selanjutnya dilakukan tur berkeliling ke Philippines General Hospital (PGH) untuk melihat bagaimana proses penanganan pasien yang ada di Filipina. Tidak hanya berkunjung ke kampus kedokteran saja, para delegasi juga berkesempatan untuk berkunjung ke Marine Science Institute untuk melihat berbagai macam biota laut yang dapat berperan sebagai obat-obatan. 

Pada hari keempat, delegasi pergi ke batangas dengan menggunakan kapal Floating House. Di sana, para delegasi dapat berenang, bermain pasir, dan juga berbincang untuk mempererat tali persaudaraan antar satu sama lain.

Pada hari terakhir, delegasi diberikan kesempatan untuk mengikuti kelas panel diskusi di UPCM mengenai program kedokteran yang ada di sana. Acara juga dilanjutkan dengan closing party di Robinson Place Manila dengan saling bertukar budaya dan makan siang bersama. Para delegasi pun berbelanja di Robinson Department Store untuk membeli oleh-oleh sebelum akhirnya pulang pada malam harinya.

× Ada yang bisa dibantu?