VISI DAN MISI FAKULTAS KEDOKTERAN UPN VETERAN JAKARTA

VISI 2020-2024
Terwujudnya Fakultas Kedokteran yang unggul, inovatif dan kolaboratif dengan identitas Bela Negara melalui optimalisasi kedokteran pencegahan.

MISI 2020-2024
1.  Menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi dengan perhatian pada Kedokteran Pencegahan yang bermanfaat Bela Negara.
2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan dalam pengetahuan keterampilan dan profesionalitas Kedokteran Pencegahan.
3. Melaksanakan tatakelola Fakultas Kedokteran yang akuntabel, transparan dan berbasis teknologi.
4. Mengembangkan jejaring dan kemitraan dalam dan luar negeri dalam bidang kedokteran pencegahan.
5. Mengembangkan Ilmu Kesehatan Matra untuk menopang Kedokteran Pencegahan.

SEJARAH FAKULTAS KEDOKTERAN UPN VETERAN JAKARTA

Sejarah Singkat Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta

Berdirinya Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta tidak lepas dari situasi dan kondisi yang melatar-belakangi antara lain:

1. Kebijaksanaan pembangunan kesehatan yang tertuang dalam TAP MPR nomor II/MPR/1993 mengenai Garis-garis Besar Haluan Negara yang menggariskan bahwa pembangunan kesehatan diarahkan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta meningkatkan mutu dan kemudahan pelayanan kesehatan yang harus makin terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

2. Penjabaran dari kebijaksanaan pemerintah di atas, selain memerlukan dana, sarana, dan prasarana juga memerlukan sumber daya manusia kesehatan termasuk diantaranya tenaga dokter. Fakultas Kedokteran sebagai institusi yang menghasilkan tenaga dokter dituntut untuk memenuhi kebutuhan dokter sebanyak 70.000 dokter guna mencapai standar pelayanan dengan rasio 1 (satu) dokter untuk 3.000 (tiga ribu) penduduk.

3. Departemen Pertahanan Keamanan serta ABRI dalam mengemban tugas pokoknya juga memerlukan tenaga dokter untuk mengisi jabatan baik di bidang manajerial maupun fungsional, di rumah sakit dan  atau satuan kesehatan lapangan.

4. Tingginya kebutuhan tenaga dokter memberikan peluang untuk dapat dibukanya Fakultas Kedokteran baru. Peluang yang ada dimanfaatkan oleh Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” yang bernaung di bawah Yayasan Kejuangan Panglima Besar Sudirman yang selanjutnya sesuai dengan SKEP Menteri Pertahanan RI dilebur menjadi Yayasan di bawah Departemen Pertahanan Keamanan RI untuk membentuk Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta. Ternyata upaya mendirikan Fakultas Kedokteran tersebut berhasil. Secara resmi Fakultas Kedokteran UPN “Veteran” Jakarta berdiri pada Tahun 1993 berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan dan Keamanan RI Nomor: KEP/01/II/1993 tentang Penataan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”.

5. Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor : 120 Tahun 2014 tanggal 6 Oktober 2014 tentang Pendirian UPN “Veteran” Jakarta, Dibawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi sebagai lembaga yang menaungi UPNV Jakarta, memberikan dorongan keleluasaan dalam menetukan kebijakan strategis dalam upaya mencapai pendidikan kedoteran yang maju dan modern.

SAMBUTAN DEKAN FAKULTAS KEDOKTERAN

SAMBUTAN DEKAN FK UPNVJ

Assalamualaikum Wr Wb.
Salam Sejahtera untuk Kita semua
Salam sehat selalu, Salam Bela Negara

Keluarga Besar Fakultas Kedokteran yang saya muliakan;
Ada tiga hal penting yang perlu senantiasa kita perhatikan sebagai Civitas akademika FK UPN “Veteran” Jakarta, yaitu
1. Bahwa FK UPN “Veteran” Jakarta terus mengikuti perkembangan sains, teknologi dan kultur masyarakat, sehingga setiap perkembangan di masyarakat akan menjadi tantangan tersendiri untuk menyiapkan lulusan FK UPN “Veteran” Jakarta yang bisa menyelesaikan masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat.
2. Dengan adanya Akreditasi Unggul di FK UPN “Veteran” Jakarta, maka secara internal, FK UPN “Veteran” Jakarta telah menyiapkan sumber daya untuk dapat mendidik mahasiswanya sehingga bisa memenuhi kualifikasi dokter, yang antara lain dikenal sebagai “The Five’s Stars Doctor”. Lulusan FK UPN diharapkan tidak saja memiliki kualifikasi sebagai tenaga medis belaka, tetapi juga memiliki kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang bisa membawa perubahan masyarakat dalam lapangan yg lebih luas dari sekadar urusan Kesehatan.
3. FK UPN “Veteran” Jakarta adalah kampus bela negara dengan tagline yg menjadi jiwanya: “Dokter untuk Bangsa, Salam Bela Negara”. Ini akan menjadi daya dorong bagi setiap Civitas Akademika untuk melihat sektor kesehatan sebagai bagian penting dalam ketahanan negara.

FK UPN “Veteran” Jakarta terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan terhadap mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan serta seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya berbasis digital dan budaya PIKIR (Profesional, Integritas, Kejuangan, Inovation, Responsif) yang berorientasi pada layanan prima (service exellence)
Diharapkan dengan meningkatkan daya saing lulusan dengan penyelenggaraan pendidikan berbasis karakter melalui penanaman ahlak mulia dan nilai-nilai bela negara disertai pengusaan bidang ilmu secara teoritis dan praktis sehingga dapat berkontribusi pada problematika yang ada di masyarakat
Dengan memohon doa restu dari Rektor UPN “Veteran” Jakarta dan jajaran, para Guru Besar UPN “Veteran” Jakarta dan seluruh Civitas Akademika FK UPN “Veteran” Jakarta UPNVJ, Semoga Allah SWT memudahkan kami di FK UPN “Veteran” Jakarta dalam menunaikan tugas dan mengemban amanah ini. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan Rahmat dan bimbinganNya kepada kita semua, Ammin ya Rabbal ‘alamiin. Terimakasih.
Wasalamu ’alaiakum Wr Wb.
Salam Bela Negara


Dr. dr. Taufiq Fredrik Pasiak, M.Kes., M.PdI

× Ada yang bisa dibantu?