• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Pengabdian Masyarakat Dosen Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta di Kemang Bogor

  • Terakhir diperbaharui : Minggu, 18 Juli 2021
  • Penulis : Vantry Rio Aprian
  • Hits : 116

ABDIMAS_dr_erna_-_1.jpg

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta pada Rabu, 14 Juli 2021 melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat di Kemang Bogor. Pegabdian yang diselenggarakan oleh dr. Erna Harfiani, M.Si, dr. Isniani Ramadhani Sekar Prabarini, MH, Dr (C) dr. Putra Sang Fajar El Harry, MH, Ratna Puspita, S.Si, M.Si dan dibantu oleh mahasiswa berlangusng secara daring/online dengan menggunakan zoom metting untuk kembali mengedukasi masyarakat bagaimana menangani pendemi covid - 19 sekarang ini.  Minggu (18/07/2021)

ABDIMAS_dr_erna_-_4.jpg

Pengabdian Masyarakat Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta di Masyarakat Sekitar Klinik Cahaya Kemang Bogor Pandemi Covid -19 belum berakhir, bahkan dalam beberapa bulan ini  kejadian kesakitan dan kematian akibat virus Sar-Cov2 semakin meningkat . Hal ini salah satunya dikarenakan masih rendahnya kesadaran dan kedisiplinan masyarakat untuk menjalankan protap kesehatan yang telah disosialisasikan pemerintah dengan Program 6 M nya. Program 6 M yang dimaksud adalah : 
1. Meski sudah di vaksin, tetap gunakan masker
2. Mencuci tangan hingga bersih, minimal 20 detik dengan air mengalir+sabun
3. Menjaga jarak 2 meter dengan siapapun terutama saat demam dan batuk
4. Menghindari keramaian dan kontak langsung (berjabat tangan)
5. Mengurangi mobilitas, berpergian hanya dalam kondisi darurat
6. Menghindari makan bersama, makanlah secara bergiliran 

Adapun tema yang diangkat adalah pencegahan penularan dan aspek hukum Kesehatan terkait pandemik Covid 19. Penyuluhan dilakukan dalam 2 sesi. Sesi pertama dibawakan oleh Ratna Puspita, S.Si dan dr Erna Harfiani, M.Si menjelaskan tentang Covid 19; penyebab, cara penularan, cara pencegahan, gejala dan penanganan Covid-19. Untuk menjaga Kesehatan dari tertular penyakit ini diperlukan tambahan suplemen dan vitamin seperti Vitamin C,D E dan Zink dan dapat diberikan berbagai obat tradisional seperti jahe, kunyit, temulawak.

ABDIMAS_dr_erna_-_2.jpg

Masyarakat juga diberi wawasan tentang vaksin. Selanjutnya di sesi kedua, dr Isniani Ramadhani, MH dan dr Putera Sang Fajar, MH memberikan edukasi seputar hukum disaat pandemik ini. Beberapa edukasi yang diberikan seperti pengertian hukum, perbedaan wabah, epidemi, pandemi, Universal precaution , hukum terkait sampai pemulasaran/penanganan jenasah. Alhamdulilah kegiatan berjalan dengan baik, lancar dan peserta antusias dalam mengajukan pertanyaan. Dalam pesan peserta kepada panitia, mereka sangat senang dengan kegiatan ini karena dapat membuka wawasan mereka dan berharap kegiatan yang bermanfaat ini dapat dilakukan secara rutin dengan berbagai tema yang menarik lainnya. Kegiatan ini juga diliput oleh media massa yaitu Radar Depok.

ABDIMAS_dr_erna_-_11.jpg
ABDIMAS_dr_erna_-_9.jpg
ABDIMAS_dr_erna_-_14.jpg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: write failed: No space left on device (28)

Filename: Unknown

Line Number: 0

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php/session)

Filename: Unknown

Line Number: 0