• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Event Online Campaign Ambassador : “Pembelajaran Jarak Jauh Sehat ga sih untuk Mental Mahasiswa? (Perspektif Dosen dan Mahasiswa)”

  • Terakhir diperbaharui : Selasa, 19 Mei 2020
  • Penulis : Vantry Rio Aprian
  • Hits : 88

WhatsApp_Image_2020-05-18_at_20.26_.02_.jpeg

Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta mengadakan event, yaitu Event Online Campaign Ambassador : “Pembelajaran Jarak Jauh Sehat ga sih untuk Mental Mahasiswa? (Perspektif Dosen dan Mahasiswa)” yang diberikan oleh Campaign Ambassador. Pada event tersebut mengundang narasumber yaitu Habibul Fuadi Hanif (Founder Komunitas ‘Panti Goceng’) dan Dr. dr. Ria Maria Theresa, SpKJ. MH yang merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan & Kerjasama dan Dosen UPN “Veteran” Jakarta. Event online ini dilaksanakan online dengan menggunakan platform Google Meet. Peserta yang hadir mengikuti event online berjumlah 223 dari pendaftar melalui form berjumlah 334.Sabtu, 16 Mei 2020

WhatsApp_Image_2020-05-18_at_20.25_.32_.jpeg

Menurut Habibul Fuadi Hanif (Founder Komunitas ‘Panti Goceng’) Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ membuat dirinya bosan dengan kegiatan kuliah yang harus bangun pagi-pagi, kuliah dengan platform/website yang beragam dan banyak mengeluarkan biaya besar untuk membeli kuota internet. Hal ini juga menjadi kendala bahwa pada dasarnya ekonomi setiap mahasiswa sangatlah berbeda. Ditambah lagi tugas yang banyak tiada henti, membuat dirinya harus berbagi waktu di malam hari untuk belajar. Pandemi ini juga memberikan dampak baik untuk Habibul, seperti semakin dekat dengan keluarga, bisa makan bareng dengan satu sama lain, dan membuat dirinya terus memacu semangat untuk belajar secara jarak jauh ini.

WhatsApp_Image_2020-05-18_at_20.25_.36_.jpeg

Menurut Dr. dr. Ria Maria Theresa SpKJ Warek III UPNVJ, PJJ dan belajar online menjadi masalah bagi Mahasiswa karena membuat Mahasiswa kaget dengan perubahan dan tidak ada preparasi sama sekali. Selain PJJ, permasalahan mahasiswa juga adalah Rumah yang dihuni tidak nyaman dan sarana prasarana tidak memadai. Ditambah lagi, tugas yang diberikan sangat banyak dengan deadline yang sangat cepat dan pastinya Mahasiswa kebingungan apakah tugasnya diperiksa atau tidak. Selain itu dr Ria Maria memberitahu efek - efek psikologi apa saja yang di alami mahasiswa selama PJJ dan Tips sehat mental dari rumah.

Efek psikologis PJJ terhadap Mahasiswa:

  1. Kesepian (kegiatan interaksi sosial berkurang, dan berbeda sekali rasanya kontak fisik dengan kontak sosial lewat online)
  2. Efeknya depresi, kecemasan atau badan merasa tidak baik walaupun dengan keadaan nyaman dan rileks tapi mudah capek
  3. Rasa cemas, stress dan capek selama 7 hari 24 jam terulang disertai pikiran yang terlalu memikirkan tugas dan beban ada di rumah. Biasanya di rumah sudah santai sekarang malah jadi boomerang.

Tips Sehat mental dari rumah:

  1. Belajar dengan word affirmation dan nikmati keadaan ini serta makan makanan bergizi
  2. Buat susunan aktivitas selama stay at home dengan waktu yang fleksibel sehingga melahirkan aktivitas yang kreatif
  3. Lakukan olahraga, bisa dengan bantuan media sosial
  4. Lakukan hobi yang menyenangkan
  5. Tetap jaga interaksi dengan orang lain

WhatsApp_Image_2020-05-18_at_20.30_.34_.jpeg

Crew
1.Dodi Sunardi – Universitas Negeri Jakarta
2.Dyas Almira – Institut Pertanian Bogor
3. Fiorel Hani Maharani – Universitas Indonesia
4. Millenia Syafa –Universitas Pembangunan Negeri Jakarta
5. Widyatna Putri–Sampoerna University
6. Galih dan Shabil - Campaign

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f