• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Puskesmas Kecamatan Limo dan FK UPN Veteran Jakarta bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan Bulan Penimbangan Balita dan Pemberian Vitamin A

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 06 Agustus 2020
  • Penulis : Adi Widiantoro
  • Hits : 138

WhatsApp_Image_2020-08-05_at_22.32_.09_.jpeg

Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Bulan Penimbangan Balita (BPB) dan pemberian vitamin A pada balita di masa Adaptasi Kebiasaan Baru selama bulan Agustus 2020 ini, Puskesmas Kecamatan Limo bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta menyusun jadwal pelaksanaan dan koordinasi dengan aparatur pemerintah Kelurahan, kader-kader kesehatan, dan satgas kampung siaga Covid-19 agar pelaksanaannya dapat terwujud dengan baik sesuai dengan protokol kesehatan. Pelaksanaan BPB dan pemberian vitamin A ini dilaksanakan di setiap Posyandu yang berada di Kelurahan yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Limo selama bulan Agustus 2020 ini yang dimulai sejak Senin, 3 Agustus 2020 hingga akhir bulan. Rabu(05/08/2020)

WhatsApp_Image_2020-08-05_at_22.35_.13_.jpeg

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, yakni Pengabdian Masyarakat. Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta yang diwakili oleh para Dosen, membantu para kader kesehatan di setiap Posyandu yang menyelenggarakan BPB dan pemberian vitamin A ini, dengan melakukan supervisi kepada para kader kesehatan mulai dari pelaksanaan protokol kesehatan saat akan masuk posyandu, yaitu social distancing, mencuci tangan, dan pengukuran suhu. Selain itu, para Dosen FK UPN Veteran Jakarta ini juga melakukan supervisi saat pencatatan identitas, penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, hingga cara pemberian vitamin A kepada para ibu balita. Kader pelaksana Ukur badan dan timbang badan balita serta dosen sebagai supervisi dalam melaksanakan tugasnya juga dilengkapi dengan APD (Alat Pelindung Diri).

WhatsApp_Image_2020-08-05_at_22.34_.12_.jpeg

Kegiatan Bulan Penimbangan Balita dan pemberian vitamin A ini adalah kegiatan penimbangan berat badan dan pengukuran panjang atau tinggi badan pada balita usia 0 hingga 59 bulan yang dilakukan secara serentak pada bulan Agustus. Alat timbang dan alat ukur yang digunakan untuk menimbang berat badan balita dan panjang/tinggi badan balita adalah alat ukur berdasarkan standar WHO. Hasil pengukuran berat badan dan panjang/tinggi badan balita digunakan sebagai data untuk mengidentifikasi balita yang bermasalah dengan status gizinya sehingga dapat dilakukan intervensi sesuai dengan permasalahannya. Selain kegiatan BPB, juga dilakukan pemberian kapsul vitamin A kepada balita usia 6-59 bulan. Balita usia 6-11 bulan mendapatkan satu kapsul vitamin A berwarna biru dengan dosis 100.000 IU dan balita usia 12-59 bulan mendapatkan satu kapsul vitamin A berwarna merah dengan dosis 200.000 IU. Ada pun manfaat pemberian kapsul vitamin A ini adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh (tidak mudah terjangkit penyakit infeksi) dan untuk kesehatan mata (mencegah rabun senja/xeroftalmia) sehingga secara umum dapat menurunkan risiko kesakitan dan kematian pada balita.

WhatsApp_Image_2020-08-05_at_22.38_.41_.jpeg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f