• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

International Webinar - Sars-CoV2: From Virology, Molecular Biology And Clinical Pathology Perspectives

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 05 Juni 2020
  • Penulis : Adi Widiantoro
  • Hits : 210

international_webinar_1.jpg

Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta mengadakan International Webinar untuk kedua kalinya. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis, 04 Juni 2020 kemarin mengundang pakar-pakar terkemuka dari Saudi Arabia, Malaysia, dan Indonesia. Internasional Webinar ini mengupas tuntas Pandemi COVID-19 dari berbagai perspektif sehingga pemahaman tentang SARS-CoV2 dapat dilihat secara utuh dan komperhensif.

Kegiatan ini memunculkan antusiasme yang luar biasa besar. Seperti yang dijelaskan oleh moderator Webinar Internasional ini, Dr.Yudhi Nugraha, M.Biomed, “hanya lima jam setelah registrasi dibuka,  lebih dari 340 orang telah mendaftar pada kegiatan ini dari dalam dan luar negeri, salah satunya dari Jerman, Saudi Arabia, dan Malaysia. Sehingga untuk menyelesaikan keterbatasan tersebut, panitia telah menggunakan platform Youtube dan mendapatkan lebih dari 110 orang audience yang hadir dengan pada platform tambahan tersebut” katanya menjelaskan.

Mengangkat tema : SARS-CoV2 ; from Virology, Molecular Biology, and Clinical Pathology’s Perspectives. webinar internasional ini diawali langsung oleh sambutan Rektor UPN Veteran Jakarta. Dr. Erna Hernawati, beliau berharap kegiatan semacam ini bisa terus dilakukan untuk menghadapi era baru dalam menghadapi pandemic COVID-19 dan beradaptasi dengan new normal. Webinar ini juga dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta. Dr. dr. Prijo Sidipratomo, Sp.Rad (K), MH., Dekan FK-UPNVJ berharap ini menjadi wadah yang tepat untuk para pakar dapat memberikan paparan yang dalam terkait SARS-CoV2 secara luas. 

international_webinar_4.jpg

Pemateri pertama, Dr. Khaled Alkharsyah, PhD yang merupakan Associate Professor dari College of Medicine, Imam Abdulrahman Bin Faisal University membahas tuntas SARS-CoV2 dari pendekatan Virologi. Dr. Khaled membahas detail bagaimana insidensi lompatan mutasi pada virus dapat terjadi sehingga virus dapat menginfeksi manusia. Dr. Khaled merupakan lulusan dari Hannover Medical School Germany pada bidang virologi dan pernah meneliti MERS ketika virus itu menyebar di negaranya, Saudi Arabia.

international_webinar_3.jpg

Pembahasan tentang SARS-CoV2 kemudian dikupas tuntas melalui perspektif molekular oleh Dr. Wang Seok Mui yang merupakan Associate Professor dari UiTM Malaysia. Penjelasan mengenai mekanisme penularan pada level selular dan daerah gen yang potensial menjadi target pengembangan obat telah berhasil dipaparkan oleh peneliti yang memiliki lebih dati 31 jurnal ini. Sebagai peneliti bekerja langsung pada diagnostic di negaranya, Dr.Wang menjelaskan juga tentang diagnostik dan keterbatasannya.

international_webinar_2.jpg

Pemateri dari FK-UPNVJ, Dr. dr. Soroy Lardo, Sp.PD, memberikan penjelasan mendetail dari perspektif klinis. Dokter yang juga bertugas langsung di RSPAD ini memberikan gambaran tentang gambaran klinis pasien serta tatalaksana pada pasien COVID-19 di Indonesia.

Materi pada Webinar Internasional ini dapat diunduh melalui laman https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/JPM/announcement/view/25


Siaran ulang via youtube

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f