• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Sambutan Dekan

  • Terakhir diperbaharui : Senin, 27 April 2015

SAMBUTAN DEKAN FAKULTAS KEDOKTERAN UPN ”VETERAN” JAKARTA

    pak_dekan.jpg

Assalamualaikum Warohmatulohi Wabarakokatuh

Salam sejahtera.... Om Swasti  Astu

Pertama tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan YME karena atas ijin dan ridhonya saya diberikan tugas dan tanggung jawab sebagai dekan FK UPNVJ  mulai Tahun 2104.

Undang-undang (UU) Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) Bab I Pasal I Ayat I menyatakan bahwa : “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar  dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara”. Dinyatakan pula bahwa : Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang  berlangsung sepanjang hayat. Kep. Mendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa serta Kep. Mendiknas No. 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti sebagai Acuan Penyusunan Kurikulum Institusional; adalah peraturan pemerintah yang wajib dilaksanakan.

Sebagai pendidik memiliki tangung jawab  melaksanakan UU dan PP tersebut  untuk membina, membimbing dan mendidik mahasiswa  berpikir kritis dan kreatif dalam proses pemecahan masalah dan mengambil keputusan.

Berdasarkan  Keputusan  Konsil Kedokteran Indonesia No. 21 dan 21A / KKI / KEP / IX / 2006 tanggal 28 September 2006 telah diterbitkan Standar Pendidikan Profesi Dokter dan Standar Kompetensi Dokter yang wajib dimiliki oleh dokter lulusan Fakultas Kedokteran Negeri maupun Swasta. Keputusan tersebut diambil oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) dan menghimbau agar seluruh FK dibawah naungan AIPKI segera merancang dan melaksanakan Pendidikan Kedokteran dengan menggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dengan metoda Problem-based Learning (PBL).

Melalui Surat Dirjendikti Kemdiknas No : 437/D/T/2005 menyatakan bahwa mulai tahun 2007 seluruh Fakultas Kedokteran di Indonesia harus mengimplementasikan KBK artinya, pengembangan kurikulum berangkat dari kompetensi yang harus dicapai mahasiswa. Dengan demikian Standar Kompetensi Dokter dari KKI merupakan  acuan utama bagi institusi pendidikan kedokteran dalam mengembangkan kurikulumnya masing-masing. Oleh karena itu, walaupun kurikulum berbeda, tetapi dokter yang dihasilkan dari berbagai institusi diharapkan memiliki kesetaraan dalam hal penguasaan kompetensi.

Alhamdulillah FK UPNVJ sejak September 2006 telah melaksanakan KBK dan PBL, untuk itu saya atas nama dekan mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya para staff dan tenaga-tenaga pengajar lainnya yang telah bekerja keras  dan mencurahkan tenaga dan pikiran untuk mewujudkan dan mengimplementasikan  KBK dan PBL  di FK UPNVJ.

Semoga web resmi fakultas kedokteran ini dapat diterima semua pihak untuk dijadikan rujukan dalam mencari informasi yang diperlukan . terima kasih

Wasalamualaikum Warohmatulohi Wabarokatuh.

Om santi, santi, santi om

                                                                                                       Jakarta,       Maret 2014

                                                                                                                                                             ttd

dr.MARIONO REKSODIPRODJO, SpOG, SpKP

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f