• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Good Clinical Practice

  • Terakhir diperbaharui : Jumat, 22 November 2019
  • Penulis : Adi Widiantoro
  • Hits : 68

GCP (Good Clinical Practice) atau Cara Uji Klinik yang baik (CUKB) merupakan suatu standar kualitas etik dan ilmiah internasional untuk melaksanakan penelitian uji klinik yang melibatkan manusia sebagai subjek penelitian. Kegiatan ini diadakan bagi peneliti yang akan terlibat dalam sebuah uji klinik dan harus mendapatkan training GCP untuk memastikan bahwa keselamatan subjek terjamin dan data penelitian yang dihasilkan kredibel. Protokol penelitian adalah salah satu syarat yang harus ada sebelum sebuah uji klinik dilakukan. Protokol ini memuat semua pedoman untuk pelaksanaan uji klinik, sehingga harus dipahami isinya oleh peneliti. Workshop Good Clinical Practice (GCP) yang diselenggarakan ini bersifat aplikatif. Workshop ini juga membahas berbagai kesalahan yang sering terjadi pada penelitian serta tips dan trik bagaimana mencegah kesalahan tersebut. Prinsip Good Clinical Practice (GCP) bukan hanya relevan untuk penelitian uji klinik namun juga sangat relevan dengan penelitian observasional. Prinsip-prinsip GCP dalam penelitian observasional bisa diikuti oleh penelitian uji klinis maupun penelitian observasional.

Workshop Good Clinical Practice ini diadakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 20-21 November 2019 di Hotel Aston TB Simatupang. Workshop GCP ini dihadiri oleh 27 peserta dari Program Studi Farmasi Program Sarjana dan Program Studi Kedokteran Program Sarjana. Kegiatan Workshop GCP ini merupakan rangkaian acara Pekan Ilmiah Farmasi 2019 yang diadakan oleh Tim Program Studi Farmasi Program Sarjana.

Kegiatan Workshop GCP selama 2 hari ini dipandu oleh MC Muhammad Ikhsan Maulana F.R.,A.Md.Farm dan untuk mengawali kegiatan ini dengan doa yang dipimpin oleh Anas Gilang Pratama, A.Md.Kes. Sambutan kegiatan oleh Ketua Program Studi Farmasi Program Sarjana Bapak Imam Prabowo M.Farm.,Apt dan Wakil Dekan 2 FK UPN Veteran Jakarta Bapak dr.Abdul Kholib.,MH dilanjutkan pembukaan kegiatan GCP oleh ibu Wakil Rektor 3 UPN Veteran Jakarta Ibu Dr.dr. Ria Maria Theresa Sp.KJ.

foto_1.jpg
Pembukaan oleh Ketua Program Studi Farmasi Program Sarjana FK UPN Veteran Jakarta
foto_2.jpg
Pembukaan oleh Wakil Dekan 2 Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta
foto_3.jpg
Pembukaan oleh Wakil Rektor 3 UPN Veteran Jakarta 

Pada hari pertama GCP tanggal 20 November 2019 materi pertama diberikan oleh Dr. Ria Christine Siagian, S.Si.,Apt.,M.Sc.

foto_4.jpg
Kegiatan menempel dan mencocokan pada materi prinsip CUKB
foto_5.jpg
Prinsip CUKB oleh Dr. Ria Christine Siagian, S.Si.,Apt.,M.Sc

Materi kedua mengenai Regulasi Pengembangan Obat dan Uji Klinik Obat yang diberikan oleh Siti Asfijah Abdoellah, S.Si.,Apt.,MMedSc.  

foto_6.jpg
Regulasi Pengembangan Obat dan Uji Klinik Obat oleh Siti Asfijah Abdoellah, S.Si.,Apt.,MMedSc.

Materi ketiga setelah ishoma diberikan oleh Drs. Hary Wahyu T.,Apt mengenai Peran peneliti dan Sponsor serta peran monitor uji klinik

foto_7.jpg
Drs. Hary Wahyu T.,Apt mengenai Peran peneliti dan Sponsor serta peran monitor uji klinik

Pada hari kedua 21 November 2019 dimulai oleh Dr. Ria Christine Siagian, S.Si.,Apt.,M.Sc dengan materi Penanganan obat uji klinik dan dokumen uji klinik serta Fasilitas Uji Klinik oleh ibu Atti Ratnawati., S.Si.,Apt.,M.Epid.

foto_8.jpg
Materi Penanganan obat uji klinik dan dokumen uji klinik serta Fasilitas Uji Klinik oleh ibu Atti Ratnawati., S.Si.,Apt.,M.Epid

Penutup kegiatan dilakukan sesi foto dan ucapan penutup oleh Ketua Prodi Farmasi FK UPN Veteran Jakarta.

foto_9.jpg
Foto Peserta bersama Narasumber Good Clinical Practice 2019 FK UPN Veteran Jakarta.
Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f