• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Workshop Teknik Pembuatan dan Review Soal Fakultas Kedokteran

  • Terakhir diperbaharui : Rabu, 14 Agustus 2019
  • Penulis : Vantry Rio Aprian
  • Hits : 131

IMG_1564.JPG

Dalam rangka peningkatan kompetensi dosen dalam menulis soal dan mereview soal ujian dalam rangka pelaksaanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Medical Assesment Unit (MAU) FK UPNVJ mengadakan kegiatan Workshop Teknik Pembuatan dan Review Soal Fakultas Kedokteran UPNVJ. Kegiatan tersebut diadakan di Rg. Introduction Lt.3 Gd. Cipto Mangunkusumo Fakultas Kedokteran UPNVJ yang dihadiri oleh dr. Revalita Wahab,MpdKed sebagai narasumber dari Univ. Trisakti dan para dosen FK UPNVJ. Selasa (13/08/2019)

IMG_1582.JPG

Pelaksaaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dilakukan dengan cara pendekatan Problem-Based Learning (PBL) di suatu institusi pendidikan sangat erat kaitannya dengan kompetensi dosen sebagai tenaga pendidik. Dalam pelaksanaan PBL, pembelajaran keterampilan klinik merupakan jantungnya pendidikan kedokteran. Keterampilan klinik merupakan salah satu komponen kompetensi penting yang wajib dikuasai oleh lulusan pendidikan tinggi kedokteran kesehatan. Sejak diberlakukannya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) diinstitusi pendidikan kedokteran di Indonesia, penilaian kompetensi menjadi ranah penting dan fokus yang harus diperhatikan dalam rangka menciptakan lulusan dokter yang kompeten. Bahkan secara nasional telah diselenggarakan ujian kompetensi nasional yang dikenal dengan nama Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). UKMPPD merupakan suatu exit exam berupa ujian kompetensi nasional untuk menentukan layak tidaknya seorang mahasiswa program profesi dokter disebut kompeten dan layak untuk diwisuda menjadi seorang dokter sebelum mereka terjun kemasyarakat nantinya. UKMPPD ini terdiri dari 2 metode ujian untuk menilai pengetahuan yang berbasis komputer (Computerized Based Test) yang dikenal dengan Ujian CBT serta ujian untuk menilai kompetensi keterampilan yaitu Uji Kompetensi Objective Structured Clinical Examination (UK OSCE).

IMG_1600.JPG IMG_1606.JPG
IMG_1613.JPG IMG_1618.JPG

FK UPN Veteran Jakarta mendukung program nasional dari pusat terkait dengan penyelenggaraan CBT dan UK OSCE. Selain untuk mempertahankan mutu lulusan ikut berperan dalam program nasional juga memberikan peluang soal-soal yang dibuat untuk dipergunakan secara nasional. Selain, kemampuan melakukan penilaian terhadap mahasiswa  merupakan kompetensi penting  yang harus dikuasai dosen kedokteran. Sebelum hal tersebut seorang dosen kedokteran juga harus mampu membuat atau menulis dan menelaah soal ujian. Perubahan paradigma dalam pendidikan kedokteran tersebut harus diketahui dan dilaksanakan oleh seluruh tenaga pendidik di Fakultas Kedokteran, termasuk di FK UPN Veteran Jakarta agar tujuan pembelajaran maupun keterampilan klinik dapat tercapai.

IMG_1586.JPG

WhatsApp_Image_2019-08-13_at_14.41_.26_.jpeg

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f