• Pilih Bahasa :
  • indonesian
  • english

Rapat Pimpinan FK UPNVJ dengan FK UI

  • Terakhir diperbaharui : Kamis, 21 November 2019
  • Penulis : Vantry Rio Aprian
  • Hits : 119

IMG_3740.JPG

Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta menggelar Rapat Pimpinan Fakultas Kedokteran UI di Ruang Rapat Guru Besar, Gedung FKUI Lt.2 , Selasa (12/11/2019). Rapat dengan jajaran Dekanat FK UI merupakan pertemuan yang sangat penting untk menjalin kerja sama antara FK UPNVJ dengan FK UI. Pembahasan dalam rapat pimpinan itu berisi tentang sistem pengajaran di FK UPNVJ dan FK UI untuk tahun TA. 2020/2021.

IMG_3757.JPG

Dalam hal ini Ka.MEU FK Universitas Indonesia menyampaikan "Pengkajian kurikulum dilakukan terlebih dahulu, meliputi SDM, proses pembelajaran, penilaian, hasil evaluasi baik dari hasil ujian, ukmppd, tracer study sehingga dapat melihat metode pembelajaran yang tepat untuk FKUPNVJ" ujarnya. Beliau juga menyampaikan bahwa yang paling penting itu adalah pengkajian kurikulum terblebih dahulu, karena kurikulum adalah pusat dari sistem pembelajaran pada semua fakultas termasuk fakultas kedokteran begitu pun juga dengan FK UI.  

IMG_3753.JPG 
Dalam hal ini juga Wakil Dekan I FK Universitas Indonesia menyampaikan beberapa poin penting,yaitu :

  1. Penyusunan kurikulum aka nada dua tahapan yaitu need assessment dan emergency fill in
  2. Need assessment meliputi penilaian terhadap nilai mahasiswa di FKUPNVJ, penilaian pada SDM, penilaian pada kurikulum terdahulu dan lain-lain.
  3. Waktu yang dibutuhkan untuk dilakukannya need assessment adalah 2-3 bulan.
  4. Emergency SDM dan emergency fill ini dilakukan untuk mengisi sumber daya manusia, khususnya dosen dalam proses pembelajaran. Dosen ini dapat berasal dari dosen yang sudah pension di FKUI atau dosen masih aktif namun apabila diberikan dosen yang masih aktif maka sebaiknya tidak mengganggu proses pembelajaran di FKUI.
  5. FKUI siap membantu dalam proses penyempurnaan kurikulum FKUPNVJ.

IMG_3751.JPG 
Dalam hal ini juga Wakil Dekan II FK Universitas Indonesia menyampaikan beberapa persyaratan kerja sama untuk menyempurnakan kurikulum FK UPNVJ, yaitu : 

  1. Bentuk kerjasama dikaji kembali untuk menyempurnakan MOU yang akan dibentuk.
  2. Pada saat paparan, terlihat masih ada dosen yang S1 dan S2 maka FKUI bersedia untuk mengizinkan dosen FKUPNVJ tersebut untuk melanjutkan study, baik biomedik maupun spesialis.
  3. Dosen yang akan mengajar di FKUPNVJ adalah dosen pensiun, namun ini belum final, karena apabila bukan dari dosen aktif di FKUI maka tidak termasuk dalam perjanjian kerjasama melainkan UKK.
  4. Skema kerjasama harus jelas, karena apakah dosen aktif FKUI dapat mengajar diluar jam kerja FKUI pada saat mengajar di FKUPNVJ?
  5. Apabila dosen aktif FKUI, apakah bias mengajar melalui e-learning, mengingat sudah memasuki era digital.
  6. Identifikasi dosen yang dibutukan FKUPNVJ harus pasti sehingga FKUI dapat mengaturnya dan tidak mengganggu proses pembelajaran. 

IMG_3749.JPG IMG_3746.JPG

Informasi

Newsletter

Daftar sekarang untuk menerima berita terkini, lowongan kerja, dan informasi lainnya.

Follow Us On

f